Perawatan mata kacer terkena katarak

Lensa mata adalah bagian transparan di belakang pupil (titik hitam di tengah bagian mata yang gelap) yang berfungsi untuk memfokuskan cahaya pada lapisan retina. Dengan adanya katarak, kejernihan lensa mata berkurang dan cahaya yang masuk ke mata menjadi terhalang. Katarak adalah bagian keruh pada lensa mata yang biasanya bening dan akan mengaburkan penglihatan. Katarak tidak menyebabkan rasa sakit dan termasuk penyakit yang sangat umum terjadi.


Penyebab katarak ini juga beragam, mulai dari terkena sinar ultra violet, debu, benturan, dan efek menular. Ciri dari katarak ini adalah dengan di tandai bercak putih pada lapisan luar lensa mata, penyakit ini bisa tumbuh sampai mata hitam tidak bisa kelihatan lagi dan menyebabkan kebutaan pada penderitanya. Mata kacer umumnya sangat rentan terkena katarak, karena kebanyakan kacer terkena katarak diakibatkan oleh bebrapa faktor yaitu: trauma - biasanya kacer yang trauma di tandai dengan membenturkan kepalanya di dalam sangar, terkena debu - mata kacer yang terkena debu biasanya di tandai dengan kakinya di naikkan ke kepala untuk membersihkan mata. terlalu lama di jemur - jika mata kacer terlalu lama terkena sinar matahari bisa menyebabkan mata kacer melepuh dan putih permanen. Sebaiknya sayangilah hewan peliharaan anda jika tidak ingin terkena katarak.

Cara menghilangkan katarak pada mata kacer

Sebenarnya banyak sekali perawatan untuk menyembuhkan katarak pada mata kacer, mulai dari obat alami sampai operasi. Kita akan membahas sedikt tentang obat alami untuk mata kacer yang katarak. Namnya adalah kitolod, lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini:

Tanaman herbal Kitolod (bunga bintang 5)
Sedikit informasi untuk para kicau mania, kitolod ini adalah tanaman herbal yang sangat ampuh mencegah dan mengobati mata yang terkena katarak maupun buta, bukan itu saja getah tanaman ini mengandung racun, tetapi bagian tanaman lainnya memiliki efek antiradang (antiflamasi), antikanker (antineoplasmik), menghilangkan nyeri dan menghentikan pendarahan.

Membuat ramuan kitolod

  • Ambil bunga kitolod satu tangkai saja (untuk satu kacer)
  • Masukan bunga kitolod ini kedalam gelas berisi air dan diamkan selama bebrapa menit, supaya tidak ada bakteri di dalam tangkai bunga tersebut.
  • Ambil kacer dalam sangkar, bersihkan di luar bagian mata kacer.
  • Kemudian teteskan bunga kitolod ini pada mata kacer. Masing - masing 2 tetes saja atau 2 tetes untuk satu mata yang terkena katarak.
  • Perlu di ngat penggunaan sebaiknya 3x1 hari (pagi,sore,malam). Proses berulang-ulang sampai mata kacer sembuh total.

Untuk mencegah kacer terkena katarak

  • Ambil penyemprot burung yg biasa di gunakan untuk memandikan burung
  • Petik 1/2 helai tangkai bunga kitolod, kemudian tumbuk sampai halus dan masukan kedalam semprotan burung.
  • Cukup 2 semprotan di pagi hari saja.

Untuk Luka pada sayap / kaki kacer

  • Potong daun kitolod dan oleskan getahnya pada luka kacer.
  • Cukup 2x1 hari, pagi dan sore. proses memakan waktu biasanya 5 sampai 7 hari.
Untuk katarak yang tidak sembuh-sembuh, meskipun sudah ikuti cara di atas dan telah memakai obat herbal lain namun belum sembuh juga, sebaiknya kacer di bawa ke dokter hewan untuk mendapatakan pengobatan intensif. Dan jika katarak pada mata kacer telah sepenuhnya putih total sebaiknya kacer dibawa ke RS Mata untuk di operasi. Jika tidak kacer bisa - bisa drop nan mati total.
Sekian, Semoga Obat herbal alami ini mampu menyembuhkan mata kacer yang terkena katarak.

Komentar