Manfaat Daun Muda Lamtoro (Petai Cina) Untuk Kenari

Lamtoro, petai cina, atau petai selong adalah sejenis perdu dari suku Fabaceae (Leguminosae, polong-polongan), yang kerap digunakan dalam penghijauan lahan atau pencegahan erosi. Berasal dari Amerika tropis, tumbuhan ini sudah ratusan tahun diperkenalkan ke Jawa untuk kepentingan pertanian dan kehutanan, dan kemudian menyebar pula ke pulau-pulau yang lain di Indonesia. Tanaman ini di Malaysia dinamai petai belalang.


Lamtoro berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah, dan dari situ kemudian menyebar luas. Penjajah Spanyol membawa biji-bijinya dari sana ke Filipina pada akhir abad XVI. Dari tempat ini mulailah lamtoro menyebar luas ke pelbagai bagian dunia. Lamtoro ditanam sebagai peneduh tnaman kopi, penghasil kayu bakar, serta sumber pakan ternak yang lekas tumbuh.

Sejak lama lamtoro telah dimanfatkan sebagai pohon peneduh, pencegah erosi, sumber kayu bakar dan pakan ternak. Daun-daun dan ranting muda lamtoro merupakan pakan ternak dan sumber protein yang baik, khususnya bagi ruminansia. Daun-daun ini memiliki tingkat ketercernaan 60 hingga 70% pada ruminansia, tertinggi di antara jenis-jenis polong-polongan dan hijauan pakan ternak tropis lainnya. Lamtoro yang ditanam cukup rapat dan dikelola dengan baik dapat menghasilkan hijauan dalam jumlah yang tinggi. Namun pertanaman campuran lamtoro (jarak tanam 5–8 m) dengan rumput yang ditanam di antaranya, akan memberikan hasil paling ekonomis.

Khasiat Daun Lamtoro Untuk Kenari

  • Menghilangkan Penyakit Kulit - Memang Penyakit kulit jarang menular, tapi dapat menjalar hampir ke seluruh anggota tubuh kenari dan tak dapat disembuhkan dengan cepat bila tak dihentikan. Penyakit kulit ini dapat benar-benar membuat tidak nyaman karena kenari merasa gatal, kemerahan, kering dan kasar di kulit.
  • Menjaga Kesehatan Kulit Kenari - Daun petai cina bisa pula dimanfaatkan untuk proses perawatan kulit. Daun Lamtoro punya kandungan enzim alami untuk memicu pembentukan kolagen di dalam sel-sel kulit sehingga akan terhindar dari kulit kusam, keriput dan kering. Ekstrak daun petai cina juga bisa dijadikan toner kulit untuk mengatasi kulit berminyak, melembabkan serta memberi nutrisi kesegaran pada kulit kenari.
  •  Penyembuhan Luka Pada Kenari - Bagi Anda yang sedang bingung mencari obat jika kenari kesayangan sedang luka atau bekas goresan di tubuh kenari, anda bisa menjamu daun lamtoro untuk pengobatan luka pada kenari. Ramannya lihat di bawah.
Petai cina mengandung kalsium, lemak, fosfor, zat besi, protein serta vitamin A, B1 dan C. Sementara bijinya mengandung mimosin, leukanin, protein dan leukanol. Efek farmakologisnya memiliki rasa agak pahit dan bersifat netral.

Proses Penjamuan Daun Lamtoro Untuk Kenari

  1.  Untuk Kenari Luka
  • Ambil daun lamtoro/petai cina 2-3 tangkai yang sudah tua.
  • Siapkan air 1 sendok teh/secukupnya untuk membuat gumpalan kecil daun lamtoro.
  • Kain untuk membalut luka.
  • Daun dan air tadi di tumbuk hinga halus.
  • Kemudian tumbuk daun lamtoro hingga halus.
  • Dan campurkan sedikit air.
  • Anda bisa mengoleskan pada luka kenari, jika lukanya sudah parah bisa di balutkan dengan kain
  • Proses ini membutuhkan 2x1 - 1x1 hari pengobatan, hingga luka kenari sembuh total.
      2. Untuk Pakan Sehari-hari
  • Petik daun muda lamtoro
  • Berikan pada kenari di pagi hari, jika tidak ada waktu boleh di berikan pada sore hari
  • Pemberian 1x1 minggu, jika pakan lamtoro cukup untuk setiap hari diberikan juga sangat baik.
Sebetulnya masih banyak lagi manfaat kesehatan secara alami dari Petai Cina, petai selong, petai lamtoro ini. Lamtoro atau petai cina juga sangat berguna bagi kesehatan, Semoga bermanfaat.

    Komentar