Manfaat daun katuk untuk kenari

Katuk/katu merupakan tanaman liar yang sekarang telah menjadi tanaman sayuran di asia maupun di eropa. Tumbuhan ini dalam beberapa bahasa dikenali sebagai mani cai (马尼菜; bahasa Tionghoa) , cekur manis (bahasa Melayu) dan rau ngót (bahasa Vietnam). Daun katuk merupakan sayuran minor yang dikenal memiliki khasiat memperlancar aliran air susu ibu (ASI).


Di indonesia daun katuk banyak sekali di temukan di daerah yang masih terjaga kealamian tanahnya. Jika di gali lebih jauh daun katuk ternyata mampu mencegah pertumbuhan sel, ataupun mencegah penyakit mata sebab kandungan yang ada di dalam daun katuk banyak mengandung vitamin A, B, C, dan D. Sudah sejak lama daun katuk telah di percaya oleh kicau mania sebagai obat pencegah sakit mata. Di tahun 2014 para kicau mania telah menemukan beberapa obat sebagai pencegahan sakit mata pada burung kicau salah satunya adalah daun katu ini.

Ternyata daun katuk ini juga sangat baik untuk kenari yang sedang masa perkawinan, karena dalam katuk terdapat zat aktif yang mampu merangsang sintesis hormon steroid seperti progestron, dan testoteron sehingga membangkitkan vitaslitas seksual, dan memacu kualitas dan kuantitas sperma sehingga kenari lebih giat reproduksi.

Khasiat daun katuk untuk kenari

  • Daun katuk cocok untuk di konsumsi oleh kenari betina yang sedang dalam masa perkawianan, kandungan senyawa minyak esensial (saponin, flavooid, tanin, triterpenoid) sejumlah asam amino, vitamin a, b, dan c, mineral (kalsium, fosfor, zat besi) serta tujuh senyawa aktif lainnya yang baik sekali untuk kenari lagi reproduksi.
  • Di dalam dun katuk terdapat kalsium cukup baik untuk pencegah kenari patah kaki, karena kalsium yang ada di dalam daun katuk hingga 2,8% sama seperti daun syuran kangkung, bayam, dll.
  • Sebagai sumber vitamin A, yang mampu mencegah kenari sakit mata. Kita tau bahwa vitamin A sangat baik untuk mata.
  • Daun katuk terdapat 7% protein di setiap helai daun katuk, serat kasar 19%. Sangat baik untuk kenari yang sedang sakit dan mencret.
  • Daun katuk juga kaya akan vitamin a, b1 dan c. Senyawa fitokimianya seperti tanin, saponin, dan alkaloid papaverin berpotensi sebagai bahan obat alami.
  • Daun katuk mempunyai kadar kalsium rendah, jika tidak ingin kenari stroek sebaiknya di berikan daun katuk yang muda saja.

Cara memberikan pakan daun katuk pada kenari

  1. Saat kenari sakit mata - berikan daun katuk secukupnya pagi dan sore hari
  2. Saat kenari dalam masa perkawinan - pemberian daun katuk cukup 3x1 minggu, setelah itu berikan syuran dan makan inti kenari.
  3. Jika kenari sedang mencret - berikan daun katuk muda di pagi hari saja.
  4. Untuk anakan kenari - pemberian daun katuk pada saat anakan yang masih usia 6-8hari. makanan inti kenari yang sudah jadi bubur lalu daun katuk di tumbuk, masukan daun tersebut bersamaan makan kenari.
  5. Untuk kenari jantan siap kawin - berikan daun katuk setiap hari, sampai kenari jantan pisah dari sarang.
Vitamin K dan betakarotin juga terdapat di daun katuk, yang sangat baik untuk kesehatan kenari. Semoga manfaat daun katuk ini bermanfaat untuk para kicau mania. Baca juga Manfaat daun muda lamtoro untuk kenari

Komentar