Manfaat daun kangkung untuk kenari

Sebelumnya, Selamat tahun baru 2016 untuk anda semua terutama bagi kicau mania di seluruh indonesia, semoga di tahun baru ini para kicau mania lebih lancar lagi dalam membudidayakan burung kicau maupun yang sedang mempersiapkan burung kicau untuk lomba nantinya.
Hmm, dengar kata daun kangkung tentunya sudah pasti tidak asing lagi untuk di konsumsi bagi manusia atau hewan herbifora, bagimana dengan daun kangkung untuk kenari. pasti anda belum mendengarnya dan sedikit aneh untuk kenari.

Oke, kita kembali ke topik manfaat daun kangkung untuk kenari, nah sebelumnya kita sudah membahas tentang manfaat daun ubi singkong untuk kenari yang sangat banyak sekali khasiatnya untuk kenari, di samping itu ternyata daun kangkung banyak juga manfaatnya, dan itu memang betul setelah di gali lebih dalam lagi para peneliti menyebutkan bahwasanya daun kangkung ternyata sangat bagus untuk kenari yang sedang mengalami suaranya yang serak/macet. Nah berikut kita mengelupaskan di bawah ini dan cara penyajiannya untuk kenari.

Masalah yang terjadi pada kenari

Hal yang utama adalah bagaimana jika kenari yang sedang kita pelihara ada masalah dalam hal kurang nafsu makan atau kenari yang dahulunya sering bunyi  tiba tiba macet dan tidak kencang lagi.
Ada beberapa kasus yang perlu anda teliti:
  • Kenari terserang penyakit yang mengakibatkan suaranya jadi serak atau hilang. 
  • Kenari tdk pernah dikerodong saat malam hari, maka mengalami keadaan yang sama pada manusia seperti adalah masuk angin.
  • Kenari terserang infeksi dibagian tenggorokannya, terlebih disebabkan infeksi tungau kantung udara.
  • Air tidak pernah di ganti sehingga menyebabkan tempat penampungan air di kandang menjadi lumutan, dan secara tidak sengaja terminum oleh kenari dan mengakibatkan kenari lemas dan lesu.
Cara mengatasainya:
  • Jika kenari terserang penyakit dan mengakibatkan suaranya jadi serak anda bisa memberikan multivitamin atau vitamin tambahan yang ada di tokoh terdekat.
  • Sebaiknya anda membeli kerodong khusus untuk kenari, karena selain menjaga kenari terkena serangan nyamuk kerodong juga berfungsi untuk melindungi dari cahaya terang dan kenari akan tidur nyenyak di malam hari.
  • Karena kantung udara sangat penting dan berpotensi sekali untuk kenari mengeluarkan suara kicaunya, sebaiknya anda menjauhkan kenari dari udara yang belebih dimaksud dari kipas angin, ventelasi udara maupun angin ribut yang kencang. Dan lebih baik kenari di dimasukkan kedalam rumah secepat mungkin.
  • Dan bebrapa kicau mania tidak pernah memperhatikan betapa tidak kasihan pada peliharaanya, sampai - sampai tempat minum kenari bisa lumutan. Sebaiknya jika anda adalah orang pekerja yang sibuk atau anak sekolahan yang pulang sampai sore hari, luangkanlah waktu untuk membersihkan tempat minum dalam sangkar kenari 1/2 kali seminggu. Cara mengatasinya kembali ke multivitamin tadi jika sudah di bersihkan berikanlah secara bertahap selama 2x seminggu.

Khasiat daun kangkung untuk kenari

Sebelumnya kita sudah tau masalah yang terjadi pada kenari, nah sekarang khasiat daun kangkung untuk kenari dan cara menyajikannya.

Menangani insomnia
Kangkung memiliki kandungan unsur sedatif, berarti dapat buat kenari mengantuk serta membuatnya dapat tidur dengan nyenyak. Hal semacam ini lantaran selenium serta zinc yang terdapat didalamnya dapat membuat syaraf kendur dan santai. Cara menyajikanya:
  • Sebaiknya anda memberikan pada knari saat sore hari sekitar jam 17.00-17.30
Anti racun
Kangkung mempunyai karakter antiracun, makanya berguna untuk memudahkan sakit pada pembulu vena pada kenari, dikarenakan kangkung juga tinggi mempunyai kandungan serat.  Cara menyajikanya:
  • Anda bisa memerikan daun kangkung pada pagi hari sekitar jam 07.30-08.00 setelah di mandikan.
Mempunyai kandungan zat besi
Sayuran air ini menawarkan zat besi sekitar 2,5mg per 100 gramnya, hingga baik untuk menaikkan hemoglobin hingga dapat menghindari atau kurangi anemia. Jika anda memberikan sehelai daun kangkung itu = 0,05mg yang terkandung zat besi di dalamnya. Cara penyajiannya:
  • Jika kenari sedang kurang zat besi atau sangat rentan sekali terhadap penyakit, anda bisa memberikan 3x dalam 1 minggu. di pagi hari
Kekebalan badan terhadap virus flu
Kangkung nyatanya sangatlah kaya akan vitamin C, maka menjadi penangkal serangan influenza yang amat baik. Bahkan juga di ketahui bahwa kandungan vitamin C dalam kangkung lebih tinggi dari pada buah-buahan. Cara Penyajiannya:
  • Inilah kelebihan daun kangkung, karena kenari yang sedang mengalami serak/hilang suara, anda bisa memberikannya 2/3 helai daun kangkung, selain penangkal virus daun kankung ini juga bisa menambah kekebalan tubuh bagi kenari. Di berikan setiap pagi dan sore hari selama 2x 1 minggu.
Menyehatkan penglihatan
Selain berfungsi sebagai kekebalan tubuh, Kangkung juga sangatlah tinggi vitamin A, yaitu nutrisi yang amat diperlukan untuk kesehatan mata kenari. Vitamin A merupakan antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah serangan radikal bebas pada kornea mata kenari. Cara Penyajiannya:
  • Berikan kenai 3helai daun kangkung di siang hari antara jam 12.00-12.30 setiap hari, jika tidak ada waktu bisa memberikan 1/2x seminggu tapi pada siang hari.
Anti parasit usus
Kangkung yg dikonsumsi mentah bisa mengeluarkan fasciolopsis buski, yakni cacing parasit dalam usus kenari dapat mengakibatkan fasciolopsiasis. Cara Penyajiannya:
  • Jika kenari mencret anda bisa memberikan 4 kali seminggu (2hari berturut-turut) karena kangkung banyak mengandung serat yang baik untuk pencernaan kenari.

Manfaat daun kangkung untuk kenari

  1. Kangkung juga sebagai obat tapal untuk menangani penyakit kulit seperti bekas gigitan nyamuk pada kaki kenari, dll
  2. Kangkung juga sebagai pertolongan untuk keracunan, untuk kenari yang lemes dan lesu.
  3. Rebusan air Kangkung dapat untuk menyembuhkan sembelit.
  4. Kangkung dapat untuk menyembuhkan kenari cacingan
  5. Untuk menyembuhkan penyakit kuning serta permasalahan liver.
  6. Daun kangkung dapat untuk menolong menyembuhkan diabetes pada kenari yang sedang bertelur.
  7. Kangkung dipakai juga sebagai obat untuk menolong relaksasi dan tidur.
Nah Bagimana, sangat banyak sekali manfaat daun kangkung untuk kenari, hal yang perlu anda ketahui berikan daun kangkung yang masih muda, dan jangan membeli kangkung yan ada di pasar yang tidak tahu kapan di petiknya, juga berikan kenari daun kangkung yang masih segar di petik sendiri di kebun atau di pekarangan rumah anda. Mungkin itu saja manfaat daun kangkung untuk kenari, Semoga bermanfaat.

Komentar

Posting Komentar

Komentar yang wajar saja.