Tentang Burung Murai Batu Kalimantan (Borneo)

Murai Batu Kalimantan - Tidak hanya dari Sumatera, Murai Batu juga umumnya datang dari Kalimantan. Murai Batu yang berasal dari Kalimantan dimaksud Murai Batu Borneo atau Murai Batu kalimantan. Burung yang berasal dari Kalimantan juga dibedakan menurut aslinya, seperti, Murai Batu Palangka yang datang dari Kalimantan Tengah serta Murai Batu Banjar yang datang dari Kalimantan Selatan.

Tentang Burung Murai Batu Kalimantan (Borneo)
Murai Batu Kalimntan
Sebagian Murai Batu memanglah terkesan menyerupai dan nyaris sama warnanya dan perawakannya. Sebagian lagi Murai Batu yang serupa diantaranya, Murai Batu Medan yang serupa dengan Murai Batu Aceh, lalu Murai Batu lampung juga serupa dengan Murai Batu Borneo atau Kalimantan. Kemiripan itu sudah pasti bakal bikin mereka yang masih tetap pemula kesusahan untuk membedakan mana Murai Batu Kalimantan serta mana Murai Batu lampung. Oleh karenanya, hal tersebut sebagian ketidaksamaan yang dapat anda untuk jadi acuan jika anda mau beli Murai Batu yang datang dari Lampung atau Kalimantan.

Di pasar Murai Batu Kalimantan bernilai lebih murah dibanding dengan Murai Batu yang datang dari Bengkulu umpamanya. Murai Batu Kalimantan yang mutunya ada dibawah Murai Batu Bengkulu dikarenakan oleh banyak hal, salah satunya yaitu, suaranya yang kurang bening atau kurang mantab.

Ciri-Ciri Murai Batu Kalimantan

Berikut adalah ciri burung murai batu kalimantan sebagai berikut:
1. – Ekor yang pendek antara 9 hingga 12 cm
2. – Sering mengelembungkan dada jika akan bertarung.
3. – Suaranya kurang jernih atau kurang mantab.
4. – Warna bulu di bagian dada Murai Batu kalimantan adalah: coklat kekuning-kuningan dan biasanya 5lebih cerah dan agak cerah.
6. – Ekor Murai Batu kalimantan biasanya memiliki kemiripan panjang, antara yang putih dan yang hitam.



Untuk mengetahui ciri murai batu kalimantan bisa juga dilihat dari ekornya :
  • Panjang ekornya kurang lebih 12cm
  • Ada 4 ekor bulu putih yang panjang, dan 2 ekor bulu pentek
  • Dan 6 ekor bulu panjang
Ekor Murai Batu Kalimantan

Jenis Murai Batu Kalimantan

  • Murai batu Palangka. Berasal dari daerah Kalimantan Tengah dan Kalimantan Barat.
  • Murai batu Banjar. Tersebar di wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur. Murai batu Banjar ini memiliki ciri ekor yang cukup panjang di banding asal Palangka.
  • Murai Batu Mahkota, Tersebar di perhutanan di kalimantan.
Murai Batu dari Kalimantan juga ada yang mempunyai ekor berwarna hitam dan juga warna putih. Murai Batu kalimantan dibagi jadi 3 yakni :
  • Murai Batu banjar, Murai Batu Banjar memiliki panjang ekor antara 10 hingga 14 cm
  • Murai Batu Palangka, Panjang ekornya mencapai 14 - 18 cm
  • Murai Batu Mahkota. Kemudian jenis Murai Batu Mahkota panjang ekornya bisa mencapai 8 hingga 14 cm.
Popularitas murai batu kalimantan kini sudah banyak sekali sekarang ini, dengan demikian jugan habitat aslinyanya pun sedikit kurang di hutan khusnya di kalimantan. Apabila sobat menemukuan atau mendapatkan burung murai batu kalimantan dari hutan, smoga bermanfaat sobat bisa lihat cara merawat burung murai batu hutan cepat jinak.