Tentang Burung Murai Batu Aceh

Murai Batu Aceh - Murai batu yang datang dari pulau Sumatera memanglah mendominasi, dan kembali kesempatan ini datang dari Sumatera, terutama di lokasi Aceh. Burung murai batu Aceh cirinya juga mempunyai ekor yang beraneka ragam, ada yang pendek serta panjang, yaitu kira-kira 20 sampai 30 cm. Mempunyai variasi suara yang berbagai macam, diluar itu juga suka ngerol panjang.

Tentang Burung Murai Batu Aceh
Murai Batu Aceh
Burung Ekor Panjang atau Burung Murai Batu adalah jenis burung pemakan serangga yang memiliki bentuk ekor sangat panjang mencapai 30cm. yang memiliki habitat di hutan belantara sepanjang gunung bukit barisan di Sumatera hingga Aceh. Aceh, Medan dan Lampung adalah pemasok Burung Murai Batu terkenal di Indonesia. Antara murai batu medan dan Aceh hampir tidak ada bedanya karena sama sama memiliki ekor panjang, hanya asal muasal burungnya saja.

Tipe Burung murai batu yg satu ini benar-benar tdk mudah untuk diketemukan. Hal itu karena pada bursa pasaran burung yang dipasarkan yaitu burung yang asli dari alam. Dengan argumen tersebut jadi saat ini Anda akan sukar temukan burung ini pada habitatnya. Anda memerlukan sangat banyak keberuntungan untuk dapat temukan burung ini di alam.

Keunggulan Burung Murai Batu Aceh

Salah satunya kelebihan burung murai batu aceh ekor panjang yaitu mempunyai suara yang sangatlah indah dengan suara yang cukup beraneka ragam. Bahkan juga burung ini dapat keluarkan nada yang cukup panjang. Dengan nada yang indah tersebut bikin beberapa orang jadi tertarik untuk pelihara burung ini.

Dengan warna yang ada pada burung ini membuat burung ini makin tampak cantik dan menarik. Burung murai batu aceh juga mempunyai mental yang cukup bagus. Dengan mental yang dipunyai membuat burung ini mudah utk berkicau meskipun pada tempat yang baru.

Kapabilitas berkicau Murai ekor hitam memanglah tak sebaik Murai Batu ekor putih. Hingga tipe Murai Batu jenis ini kalah dikuasai oleh Murai Batu ekor putih di beragam arena kontes burung berkicau. Hal semacam ini mengakibatkan harga jual burung Murai Batu ekor hitam condong lebih murah daripada Murai Batu ekor hitam.

Ciri-Ciri Murai Batu Aceh

Ukuran tubuh burung murai batu aceh memanglah tak terlalu begitu besar. Dengan ukuran tubuh yg tidak terlalu besar membuat burung ini sangatlah cantik disangkar. Warna burung ini juga amat tegas. Dengan warna yang ada pada burung ini bikin burung ini makin tampak cantik. Burung murai batu aceh juga mempunyai mental yang cukup bagus. Dengan mental yang dimiliki membuat burung ini mudah untuk berkicau meskipun pada tempat yang baru.  Ciri Murai Batu Aceh seperti berikut :
  • Dilihat dar fisik mempunyai ukuran badan yang relatif lebih kecil dibanding dengan murai batu yang mempunyai ekor putih.
  • Mudah menyesuaikan dengan lingkungan baru, hingga lebih mudah untuk dipelihara.
  • Murai Batu ekor hitam lebih cepat pintar berkicau di banding Murai Ekor putih. Cuma saja kwalitas kicauannya senantiasa ada dibawah Murai ekor putih.
  • Ukuran ekor beragam dari pendek sampai tengah.
Berdasar pada ukuran panjang ekornya, Murai Batu ekor hitam dibedakan jadi dua type, yakni :
  • Murai Batu yang mempunyai ekor pendek (10-12 cm)
  • Murai Batu yg mempunyai ekor ukuran tengah (14-16 cm)
Ekor Burung Murai Batu Aceh
Ekor Burung Murai Batu Aceh

Burung murai batu aceh memang memiliki harga yang cukup mahal.Jika demikian hargana yang cukup mhal anda bisa merogoh kocek dalam untuk mendaptkan burung yang satu ini. Demikian arikel Tentang Burung Murai Batu Aceh, semoga bermanfaat bagi anda pecinta burung murai batu aceh ini. Baca juga cara merawat murai batu agar cepat bunyi