Cara Merawat Anakan Ciblek Dengan Mudah

Sekarang ini sudah banyak sekali dan sudah sangat populer di tempat kicau mania ataupun di kalangan masyarakat dengan kata ciblek, burung ciblek ini pada dasarnya adalah pemakan serangga dan habitanya tidak jauh dari pedesaan yang masih alami. Pada tahun 2013/2014 burung ciblek ini adalah burung yang paling banyak di cari karena kicau burung ciblek ini sangat indah dan merdu untuk di dengar.
Merawat Anakan Ciblek
Kembali ke permasalahan, merawat anakan ciblek namun sebenarnya adalah perkara mudah ini bagi kicau mania yang sudah menerti dan sudah sangat paham denagan dunia kicau mania, bagaimana bagi pemula ini sedikit permasalahan dengan kata lain anda harus lebih berhati hati dalam anakan ciblek yang sedang di rawat.

Sebelum kita membahas lebih mendalam dengan topik kita ini, ada banak sekali cara merawat anakan ciblek dengan mudah maupun dengan baik dan benar tapi lebih spesifik kita membahas merawat anakan ciblek yang paling mudah, nah untuk memahami itu kita harus mengetahui dari mana asal anakan ciblek apakah dari ternakan, hasil tankapan liar, atau membeli di pasar burung yang tidak tau asal muasal burungnya dari mana ? jika hasil tangkapan liar, kita kupas di bawah ini

Merawat anakan ciblek hasil tangkapan liar

Anakan Ciblek di hutan sangatlah rentan terhadap penyakit, ini dikarenakan anakan ciblek dari hutan belum terbiasa pada habitat manusia jadi kita harus merawatnya :
  • Pemberian pakan - Sebaiknya anda memberikan pakan serangga berupa keroto terlebih dahulu selama 2-3 hari, ini dimaksudkan supaya anakan ciblek beradaptasi dengan tenang di sarang barunya. setelah itu baru berikan voer yang di campur dengan keroto tersebut. Anda bisa memberikan mkan pada anakan ciblek setiap 3 jam sekali, setiap hari.
  • Penjemuran - Anakan ciblek sebaiknya selalu di jemur di bawah sinar matahari selama 1-2 jam, sinar matahari sangat berfungsi pada pertumbuhan bulu anakan ciblek ini.
  • Latih anakan ciblek - Karena anakan ciblek sangat mudah sekali jinak pada manusia, sebaiknya latih anakan ciblek bisa dari memberikan jangkrik langsung dari tangan dan pelatihan terbang saat di keluarkan dari sangkar.
  • Besihkan kandang - Sudah pasti ini syarat merawat anakan cibek yang masih dalam pemeliharaan harian, karena kotoran anakan ciblek ini sangat banyak jika tidak selalu di bersihkan, memebersihakannya anda bisa 2/3 hari sekali sampai tidak ada lagi kotoran di sangkar anakan ciblek ini.
  • Berikan Multivitamin - Kenapa, karena dengan multivitamin anakan ciblek yang kita rawat tadi setelah dewasa nanti dapat bersaing di kontes juara kelak. Anda bisa membelinya di toko burung terdekat.

Banyak di antara sobat kicau mania yang masih bingung dengan merawat anakan ciblek ini dengan mudah, sesungguhnya apabila anakan ciblek yang kita rawat tadi sudah bisa mematok makan sendiri tidak perlu lagi anda memberikan mkan selama 3 jam sekali sebaiknya anda berikan voer yang sudah di basahi dengan kroto selama -+ 2-3 minggu stelah itu anda bisa memberikannya voer kering. Mungkin itu saja tentang merawat anakan ciblek ini, semoga anakan ciblek yang sedang anda rawat cipat besar dan semakin gacor di gantangan. Salam kicau mania.

Komentar