Tentang Murai Batu Lampung

Murai Batu Lampung - Di daerah aslinya, yaitu hutan-hutan di lokasi Lampung dan sekitarnya (Krakatau), sesungguhnya telah sangatlah tidak terlalu sering ditemukan burung murai batu khas daerah ini. Hal tersebut salah satunya dikarenakan maraknya masalah alihfungsi rimba jadi lokasi perkebunan dan permukiman masyarakat. Walau murai batu bukanlah termasuk juga burung migrant, terlebih pindah dari tempat satu ke tempat lain yang jaraknya jauh, namun kemungkinan perpindahan tempat disebabkan rusaknya habitat tetap masih ada.

Tentang Murai Batu Lampung
Murai Batu Lampung


Burung ini mempunyai kekuatan yang sama sebaiknya dengan sepupu-sepupu yang lain di daerah Sumatra. Cuma saja ukuran ekor lebih pendek dari Murai Batu Medan atau Aceh. Tetapi malah bikin burung Murai Batu Lampung lebih atraktif dalam menghadirkan stylenya saat tengah berkicau. Diluar itu burung Murai Batu Lampung lebih pandai mengatur nafasnya hingga burung ini dapat lebih lama berkicau.

Jenis murai batu ini mempunyai kekuatan bertarung yang bagus. bila perawatannya benar, mentalnya dapat sangatlah bagus. variasi suara basic condong mengulang-ulang nada yang sama, butuh pemasteran yang baik untuk menutupi kekurangannya. keunggulan yang menonjol waktu berlaga, memiliki stamina yang baik (tak gampang capek) dalam melantunkan irama kurun waktu lama.. style bertarungnya tak seindah murai batu ekor panjang yang dapat mencambuk ekornya.

Ciri-Ciri Murai Batu Lampung

Murai Batu Lampung mempunyai postur agak besar sedikit di banding Murai Batu Medan atau Aceh. Mungkin saja dari sisi fisik, objek yang paling mudah untuk membedakan Murai Batu Lampung yakni pada ekornya yang pendek (10-12 cm) terdapat bulu berwarna putih dibawah ekor bawah dan badannya yang memiliki ukuran kecil. Dikarenakan jika lihat dari segi lain, nyaris sama juga dengan Murai Batu biasanya. Alternatif setelah itu untuk tahu type Murai Batu Lampung yaitu dengan memerhatikan kelakuannya saat bertarung. Rutinitas yang kerap dikerjakannya yaitu dengan menaik turunkan kepalanya, seakan mematuk. Tidak sama dengan Murai Batu Borneo yang saat bertarung sukai memekarkan bulu dadanya.

Cara membedakan dari segi ekor murai batu lampung

Ciri intinya yaitu seperti berikut :
  • Empat pasang bulu putih ada semburat tidak tebal atau sedikit di pangkal ekor (yg dekat dengan pantat
  • Pada ekor keempat atau tengah ada hitam yg membelah ekor dengan cara vertikalSebutan tercintanya murai lampung atau jambi
  • Murai lampung umumnya tubuh agak kecil ekor lurus rapi tidak megar di ujung
  • Murai Jambi umumnya agak besar dan buntut agak membuka atau melebar panjang 10-16 cm 
Bisa dilihat pada gambar bawah ini
Ekor Murai Batu Lampung
Ekor Murai Batu Lampung

Keunggulan burung murai batu lampung

Dari sisi kekuatan, Murai Batu Lampung juga mempunyai kicauan yg tidak kalah hebat. Sama dengan Murai Batu biasanya yakni bisa menirukan beragam suara burung kicauan yang lain, tinggal kekuatan yang memiliki saja dalam memproses variasi nada kicauannya. Namun sedikit kekurangan dari Murai Batu Lampung. yang banyak tak disenangi penghobi yaitu Mental bertarungnya yang lemah. Jika bersua lawan yg tidak sepadan, jadi Murai Batu ini segera down kemampuannya, dengan kata lain tak ada lagi perlawanan. Dengan hal tersebut, untuk mengikutkan sertakan di arena lomba, sebaiknya Murai Batu Lampung yang betul-betul telah matang mentalnya.

Dan lihat bentuk fisik dengan ekor yang lebih pendek, ada dua pandangan. Penghobi pertama memiliki pendapat, ukuran ekor yang sedikit lebih pendek adalah keuntungan dari Murai Batu Lampung, bakal mensupport kelancaran nada kicauan serta bergerak lincah lantaran Murai Batu itu tak memerlukan stamina yang besar dalam menyokong badannya. Beberapa lagi memiliki pendapat, ekor yang pendek adalah kekurangan Murai Batu Lampung karena bakal tampak tak menawan atau indah di pandang.

Itulah tadi tentang murai batu lampung yang berasal dari sumatera yang tak kalah hebatnya dengan murai batu lainnya, jika anda memilih burung murai batu lampung sebagai idola sebaiknya anda lihat keunggulan dari burung tersebut. semoga bermanfaat. Baca  Juga Tentang Murai batu lahat